WELCOME TO OFFICIAL WEBSITE OF HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN ILMU SOSIAL POLITIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Kamis, 05 Juli 2012

Hardiknas, Mahasiswa UNJ Demo di Kemendikbud


JAKARTA - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendapatkan 'kunjungan' dari mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sekira 58 mahasiswa berjaket hijau tersebut menyuarakan aspirasi di depan kantor Kemendikbud. 

Kepala Departemen Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNJ Sarah Saskia menyatakan, aksi yang dilakukan bersama teman-temannya ini untuk mengkritik dunia pendidikan Indonesia saat ini. "Kami memiliki tiga tuntutan terhadap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, yaitu komersialiasi pendidikan, transparansi anggaran dana pendidikan, serta meminta pendidikan yang memihak rakyat," kata Saskia di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2012).

Sarah mengungkapkan, komersialiasi pendidikan yang marak digadang-gadang pemerintah justru menguntungkan pihak asing dan memperkecil kesempatan rakyat miskin. "Komersialiasi pendidikan tercermin pada sekolah-sekolah RSBI dan dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT). Padahal harusnya pendidikan memihak rakyat kecil," ujarnya menambahkan.

Kedua, aksi ini bertujuan untuk menyoroti porsi pendidikan dalam dana APBN, yakni 20 persen. "Porsi anggaran Kemendikbud di APBN sudah cukup besar dan mencakup berbagai aspek baik gaji guru, dosen, dan sebagainya. Namun, nyatanya masih ada sekolah rusak yang tidak tersentuh," tuturnya.

Maka, kata Saskia, hendaknya pendidikan dikembalikan sesuai jalur yang seharusnya. "Kembalikan pendidikan sesuai track, yakni pendidikan yang diperuntukkan bagi rakyat," imbuhnya.

Selain melakukan aksi, saat ini sejumlah perwakilan BEM se-Jabodetabek tengah beraudiensi dengan pihak Kemendikbud. "Sudah sejak pukul 14.00 WIB, namun kami belum mendapat kabar dari yang di dalam mengenai keadaan mereka," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Hey! Thanks for comment. Enjoy our blog! cheers

Social Icons

Featured Posts